Jumat, 08 Januari 2016

pidato tentang meningkatkan motivasi belajar

Bagian salam pembuka dan doa

yang saya hormati ibu Ayu Megawati selaku dosen B.Indonesia, serta teman-temanku yang saya banggakan.

Pertama – tama marilah kita panjatkan rasa puji dan syukur kita kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan kita beribu – ribu nikmat, diantaranya nikmat iman, islam serta ikhsan, sehingga kita semua dapat berkumpul dalam ruangan ini tanpa halangan sedikitpun dan dalam kondisi sehat walafiat. Kedua kalinya shalawat serta salam Tak lupa marilah kita sanjungkan kepada junjungan kita, Nabi Besar Muhammad SAW yang telah membawa kita dari zaman Jahiliyah menuju zaman yang penuh dengan pengetahuan. Semoga kita diberikan syafaatnya pada yaumil akhir kelak, Aamiin…

Hadirin yang berbahagia,

Pada kesempatan yang berbahagia ini izinkanlah saya untuk menyampaikan pidato tentang meningkatkan motivasi belajar.

Teman – temanku, Setiap orang satu dengan yang lainnya memiliki cara yang berbeda untuk meningkatkan motivasi belajarnya. Seseorang memiliki motivasi untuk belajar karena memiliki keinginan, cita-cita, atau manfaat bagi dirinya sendiri. Tetapi mengapa kita tidak mau belajar, padahal banyak manfaat yang bisa kita ambil jika kita giat belajar?
Dan sebagian besar orang menjawab pertanyaan itu dengan jawaban malas. Sebuah jawaban singkat yang sangat besar dampaknya bagi diri kita. Dan sejujurnya hal itu juga masih sering menghantui diri saya sampai sekarang. Lalu Mengapa malas belajar ? Dan jawabannya adalah karena tidak ada ulangan, ada acara TV kesukaan, mau bermain dulu, atau macam-macam. Dan kita baru tersadar untuk belajar saat mendekati ulangan semester atau harian. Namun, biasanya saat itu tugas juga akan menumpuk. Sehingga membuat kita menjadi lebih pusing lagi untuk membagi waktu. Dan pada akhirnya kita hanya bisa menyesal karena malas untuk belajar.
Untuk itu berikut ini saya akan memberikan beberapa tips agar kita bisa meningkatkan minat diri untuk belajar yang saya telah rangkum dari beberapa sumber
Pertama, kita harus bisa melakukan pengendalian diri terhadap diri kita terhadap hal-hal yang bisa membuat kita menjadi malas belajar.
Kedua, belajarlah lewat internet. Dari internet kita bisa mendownload buku-buku bse yang dapat kita gunakan untuk sumber selain buku-buku dari sekolah. Atau kita bisa mencari suatu situs yang membahas tentang pelajaran dan kita bisa bergabung kedalam situs itu. Tetapi, saat kita belajar lewat internet muncul sebuah pernyataan seperti ini Kalau sudah membuka internet maka akan lupa untuk belajar dan malah membuka situs lain. Dan salah satu cara untuk menghindari hal tersebut adalah dengan melakukan tips pertama yaitu kita harus bisa mengendalikan diri kita meskipun itu akan menyakitkan.
Ketiga, Temukan motivator atau penyemangat. Kadang, seseorang butuh penyemangat untuk meningkatkan motivasi dalam belajar. Misal : teman, orang tua, atau guru.
Keempat, Bergaullah dengan tepat. Pergaulan merupakan salah satu hal yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan kita. Bergaul dengan orang-orang yang senang belajar akan membuat kita minat untuk belajar juga.
Mungkin itu saja tips-tips yang bisa saya berikan. Semoga tips-tips tersebut bisa membuat kita menjadi semakin giat belajar kedepanya. Amin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar